Home » » 4 Fenomena berbentuk Lingkaran

4 Fenomena berbentuk Lingkaran

Written By Rangga Arief Putra on 9 Jun 2011 | 12:31:00 PM

1. Ball Lightning

Ball lightning adalah fenomena listrik hipotetis atmosfer yang sedikit yang diketahui. Istilah ini mengacu pada laporan bercahaya, objek biasanya berbentuk bola yang bervariasi dari kacang-berukuran beberapa meter dengan diameter. Hal ini biasanya berhubungan dengan badai, tetapi berlangsung lebih lama dari flash split-kedua dari petir. Banyak laporan awal mengatakan bahwa bola akhirnya meledak, kadang-kadang dengan konsekuensi yang fatal, meninggalkan bau belerang. Ada catatan bola bercahaya bebas-mengambang yang terjadi di total ketiadaan awan. Hal ini terjadi umumnya di lembah Hessdalen, Norwegia  Salah satu teori baru-baru ini menunjukkan bahwa bola cahaya (Hessdalen Lights) yang dihasilkan oleh ionisasi udara dan debu oleh partikel alfa selama peluruhan Radon di atmosfer berdebu..
Penelitian laboratorium telah menghasilkan efek yang secara visual mirip dengan laporan kilat bola, namun saat ini tidak diketahui apakah benar-benar berhubungan dengan setiap fenomena alami. Data ilmiah pada petir bola alam karena langka untuk kejarangan dan tidak dapat diprediksi. Dugaan keberadaannya didasarkan pada penampakan umum dilaporkan, dan oleh karenanya menghasilkan temuan-temuan agak tidak konsisten. Mengingat inkonsistensi dan kurangnya data yang dapat dipercaya, sifat sejati dari petir bola masih belum diketahui. Sampai saat ini, petir bola sering dianggap sebagai khayalan atau tipuan, tetapi beberapa diskusi ilmiah yang serius dan teori telah berusaha untuk menjelaskannya.


2. Moeraki Bouldera 

Moeraki Boulders adalah batu yang luar biasa besar dan bulat berbaring sepanjang hamparan Koekohe Pantai di pantai gelombang memotong Otago Selandia Baru antara Moeraki dan Hampden, dan terletak di 45 ° 20'42 .99 "S 170 ° 49'33 .82" E. Mereka terjadi tersebar baik sebagai terisolasi atau kelompok-kelompok batu-batu dalam hamparan pantai di mana mereka telah dilindungi dalam cadangan ilmiah. Erosi oleh tindakan gelombang batulumpur, terdiri dari batuan dasar setempat dan tanah longsor, sering memaparkan tertanam batu terisolasi. Bebatuan concretions septarian berwarna abu-abu, yang telah digali dari batulumpur menutupinya dan terkonsentrasi di pantai oleh erosi pantai.

Māori Lokal legenda menjelaskan batu-batu sebagai sisa-sisa keranjang belut, calabashes, dan Kumara terdampar dari reruntuhan sebuah uru-Arai te-, sebuah perahu berlayar besar. Legenda ini bercerita tentang beting berbatu yang membentang ke arah laut dari Shag Point sebagai lambung membatu ini kecelakaan dan tanjung berbatu di dekatnya sebagai tubuh kapten perahu itu. Pada tahun 1848 W.B.D. Mantell membuat sketsa pantai dan batu-batu besar, lebih banyak dari sekarang. Gambar sekarang di Alexander Turnbull Perpustakaan di Wellington . Para bongkahan batu digambarkan pada tahun 1850 laporan kolonial dan artikel populer banyak sejak saat itu. Di masa yang lebih baru mereka telah menjadi atraksi wisata yang populer, sering dijelaskan dan digambarkan dalam halaman web banyak dan pemandu wisata.



3. Blue Hole 

Blue Hole adalah gua (pedalaman) atau lubang pembuangan air. Mereka juga disebut gua vertikal. Ada banyak lubang biru berbeda yang terletak di seluruh dunia, biasanya dalam letaknya rendah daerah pesisir. Contoh yang paling terkenal dapat ditemukan di Belize, Bahama, Guam, Australia (di Great Barrier Reef), dan Mesir (di Laut Merah).
lubang Blue secara kasar lingkaran, depresi berdinding curam, sehingga dinamai kontras dramatis antara biru tua, perairan mendalam tentang kedalaman mereka dan biru lebih ringan dari yang dangkal di sekitar mereka. sirkulasi air mereka yang miskin, dan mereka umumnya anoksik bawah kedalaman tertentu, lingkungan ini tidak menguntungkan bagi kehidupan laut sebagian besar, tapi tetap dapat mendukung sejumlah besar bakteri. Warna biru ini disebabkan oleh transparansi yang tinggi air dan pasir karbonat putih terang. Cahaya biru adalah bagian paling abadi dari spektrum; mana bagian lain dari spektrum-merah, kuning, dan akhirnya hijau diserap selama jalur mereka melalui air, cahaya biru berhasil mencapai pasir putih dan kembali pada refleksi
Lubang biru terdalam di dunia-di 202 meter (663 ft)-adalah Dean's Blue Hole, yang terletak di sebelah barat teluk Clarence Town di Long Island, Bahama. lubang biru lainnya adalah sekitar setengah kedalaman sekitar 100-120 meter (330-390 ft). Diameter pintu masuk top biasanya berkisar 25-35 meter (82-115 kaki) (Dean's Blue Hole) untuk 300 meter (980 ft) (Great Blue Hole di Belize).

4. Ice Circle 

Disc es, lingkaran es, atau es panci adalah fenomena alam yang terjadi di dalam air yang bergerak lambat di daerah beriklim dingin. Lingkaran Ice adalah lembaran tipis dan melingkar es yang berputar perlahan-lahan di air. Hal ini diyakini bahwa mereka membentuk dalam arus eddy. Disc Es telah paling sering diamati di Skandinavia dan Amerika Utara, tetapi mereka kadang-kadang dicatat selatan sejauh Inggris dan Wales. Sebuah disk es diamati di Wales pada bulan Desember 2008 dan lain dilaporkan di Inggris pada Januari 2009.

Es kalangan berbeda dalam ukuran tetapi telah dilaporkan lebih dari 4 meter (13 kaki).
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Chenkgelate - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger