Home » » Mempercepat Loading Form Komentar

Mempercepat Loading Form Komentar

Written By Rangga Arief Putra on 3 Jul 2011 | 9:39:00 AM

Selain mengandung banyak error dan ngga valid XTML, sebenarnya form komentar default blogger juga mempunyai permasalahan lain. Terdapat kejanggalan dalam cara penulisan kode pemanggilan iframe form tersebut. Kenapa gw bilang janggal ?, karna pemanggilan iframenya dibuat terpisah menjadi dua bagian.

Kode src yang biasanya digunakan untuk memanggil data external, entah kenapa dibuat terpisah dengan tautan link menuju halaman form komentar yang asli di Blogger. Dan ini membuat loading form komentar menjadi lambat.
Efeknya mungkin ngga akan terlihat ketika pengunjung membaca konten post kita sampai habis terlebih dahulu. Why?, karna saat dia selesai membaca artikel, form komentar memang udah berhasil di loading dengan sempurna. Tapi, kalo kita bandingkan lama loading form komentar dengan widget-widget lainnya, dijamin pasti akan terlihat seberapa lemotnya iframe tersebut.
Seringkali, elemen sidebar lebih duluan tampil dibanding form komentar. Hal ini tentu saja membingungkan, karna seharusnya, form komentar adalah elemen yang tampil pertama kali setelah konten post, sesuai dengan letak kodenya yang berada persis dibawah kode main post blog. Baru setelah itu, kode sidebar dan footer.
Dan kalo blog kalian mengalami masalah yang persis seperti pembahasan sebelumnya, berikut ini ada cara untuk memperbaiki "kejanggalan" form komentar tersebut.
1. Masuk ke menu Edit HTML blog kalian, kemudian berikan tanda centang (check mark) pada kolom Expand Widget Template. (jangan lupa untuk membackup blog terlebih dahulu, untuk berjaga-jaga dari kesalahan nantinya)
2. Carilah kode seperti ini di template kalian :
<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='' width='100%'/>
3. Perhatikan kode diatas. Kode data:post.commentFormIframeSrc dan src yang seharusnya bisa ditulis bersamaan, malah dibuat terpisah, dengan target src iframe yang dibiarkan kosong.
Dan karna browser biasanya cenderung lambat dalam merespon kode src yang null alias kosong, maka kita harus mengganti struktur penulisannya menjadi lebih benar. Bagaimana caranya?
--> Pindahkan kode data:post.commentFormIframeSrc kedalam target src yang kosong, seperti ini :
<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='data:post.commentFormIframeSrc' width='100%'/>
--> Selanjutnya, hapuslah kode <a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
Sekarang kode form komentar kita sudah lebih singkat :
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='data:post.commentFormIframeSrc' width='100%'/>
4. Save template, dan cek kinerja form komentar kalian sekarang.
Share this article :

4 comments:

  1. src'....' kok ad code2ny y sob??? berarti uda gk lemot ni :D

    BalasHapus
  2. @Cek Info: iiaa sob . .
    tapi hati" ntar kadang" kotak koment nya hilang sob . . .
    jadi di backup dlu ya . .

    BalasHapus
  3. kalo sy kurang paham juga bos mengenai penulisan2/kode2/script.
    TAPI...
    Penulisan <a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/> yg dipisah dengan iframe, memang teknik penulisan dari iframe bos.
    Terus kenapa src='' dibiarkan kosong, karena didalam form action blogger jg terpasang script ajax, dan secara singkat ini domain sama hostingannya?

    Mana mungkin blogger salah dengan hal yg beginian...hahaha
    pasti ada tujuan lain ;)

    Tut's bos gak salah, tp kt memang tidak tau apa dibalik itu semua ☻

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe
      kalo saya sih gk mau ambil pusing kosong ato ada isinya sob. . yang penting Happyy :)

      Hapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Chenkgelate - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger