Home » » Bahaya bagi Perokok "aktif" dan Perokok "pasif"

Bahaya bagi Perokok "aktif" dan Perokok "pasif"

Written By Rangga Arief Putra on 10 Feb 2012 | 10:16:00 PM

Apakah Anda atau keluarga Anda ada yang merokok? Segera peringatkan diri Anda dan mereka. Rokok adalah barang berbahaya yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Dan bahaya tersebut bukan hanya berdampak pada perokok saja, tetapi orang-orang disekeliling perokok. Sering, para orang tua yang merokok tidak mempedulikan nasib anaknya yang ikut-ikutan menghisap asap rokok. Orang tua perokok seharusnya tetap bertanggung jawab untuk melindungi anaknya. Menjadi perokok pasif bahkan bisa lebih berbahaya daripada menjadi perokok aktif.

Rokok adalah silinder kertas yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara untuk dihisap asapnya lewat mulut pada ujung lainnya. Berbagai penyakit yang dapat timbul dari kebiasaan merokok, di antaranya adalah : Kanker pundi kencing, kanker perut, kanker usus, kanker rahim , kanker mulut , kanker esofagus, kanker tekak, kanker pankreas, kanker payudara, kanker paru-paru, penyakit saluran pernafasan kronik, stroke, osteoporosis (pengeroposan tulang), penyakit jantung, kemandulan, menopouse dini, melahirkan bayi yang cacat, keguguran bayi, bronkitis, batuk, penyakit ulser peptik, emfisima, otot lemah, penyakit gusi, kerusakan mata, dan masih banyak lainnya.

Bahaya Perokok Pasif

Berikut data-data penting yang wajib disadari oleh semua perokok, dan bahaya yang mereka timbulkan bagi keluarga mereka, teman mereka, bahkan bagi orang yang secara tidak sengaja duduk bersebelahan dengan mereka.

    Zat yang terkandung dalam asap rokok yang dihisap perokok pasif adalah : 2 kali lebih banyak nikotin, 5 kali lebih banyak karbon monoksida, 3 kali lebih banyak tar, 50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

    Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya adalah : keguguran janin, kematian janin dalam kandungan, pendarahan dari uri (abruption placenta), berat badan berkurang antara 20 hingga 30%.

    Bahaya asap rokok terhadap bayi adalah : masalah dan penyakit pernafasan, mengganggu terhadap perkembangan kecerdasan, leukeamia, kanker otak, cepat lelah, sindrom kematian secara mendadak






Kisah menyedihkan tentang penderitaan perokok pasif dituliskan dalam berita di detik.com. Tika terkena flek paru dan divonis dokter menderita Bronchopneumonia Duplex. Meski sudah divonis menderita penyakit paru parah, dia mengaku tidak menyerah dengan penyakit ini. Akibat penyakitnya ini Tika mengaku berat badannya melorot hingga 35 Kg padahal normal berat badannya 42 Kg. Penyakit ini telah membuatnya sering mengalami sesak napas, batuk keras dan pilek.

Tika adalah salah satu korban yang meninggal akibat perokok pasif. Dalam status-statusnya Tika menegaskan dia tidak merokok tapi dia adalah korban dari asap si perokok. Sebelum meninggal, Tika sempat menulis status di Facebook yang berbunyi pesan kepada semua orang tua, ‘Bagi para ortu perokok, aku mohon banget supaya ngerokok sejauuuh mungkin dari anaknya walau sampai anak dewasa supaya jauh dari kemungkinan terkena flek paru’.

Mari kita jaga keluarga kita agar tidak terkena asap rokok dan menjadi perokok pasif. Jika Anda sudah ketagihan merokok, maka Anda harus menjaga agar tidak merokok di depan anak Anda. Banyak sekali penyakit yang dapat timbul karena menjadi perokok pasif. Penyakit-penyakit yang dapat timbul karena menjadi perokok pasif, diantaranya :

    Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung
    Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis
    Sakit atau pedih mata
    Bersin dan batuk-batuk
    Sakit kerongkongan
    Sakit kepala


Zat-zat Berbahaya Pada Rokok

Akibat negatif dari rokok, sudah terasda sejak seseorang mulai mengisap rokok. Pembakaran kurang sempurna pada rokok yang membara menghasilkan karbon monoksida (CO) selain racun lain seperti tar dan nicotine.
CO, Tar, dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan :

  •     Gelisah, tangan gemetar (tremor)
  •     Cita rasa / selera makan berkurang
  •     Ibu-ibu hamil yang suka merokok mungkin akan mengalami keguguran kandungan


Tar dan asap rokok merangsang jalan napas, dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan batuk-batuk atau sesak napas. Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas, lidah atau bibir. Nikotin merangsang bangkitnya hormon adrenalin yang menyebabkan jantung berdebar-debar dan meningkatkan tekanan darah serta kadar kolesterol dalam darah yang erat dengan terjadinya serangan jantung. Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. Karbon monooksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen. Oleh sebab itu, darah orang yang kemasukan CO banyak, akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida. Meskipun perokok tidak sampai pada tahap keracunan gas CO namun pengaruhnya sangat besar pada jalan napas dan pembuluh darah.


Makanan dan Minuman Penetralisir Asap Rokok

    1. Seafood
    Makanan yang kaya akan omega 3 dapat memperbaiki fungsi paru-paru. Makanan yang kaya omega 3 diantaranya adalah seafood. Seafood yang kaya omega 3 di antaranya : ikan salem (salmon), ikan teri, tuna sirip biru, tuna sirip kuning, ikan sarden, ikan forel (trout), kepiting, ikan kerapu (cod), kerang, lobsters, ikan nila, dan udang.
    2. Kedelai
    Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak nafas kronis. Flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok.
    3. Makanan Kaya Antioksidan
    Brokoli, apel, serta sayur dan buah lainnya yang kaya antioksidan bisa membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru Anda. Satu studi telah menunjukkan bahwa paru-paru orang yang mengkonsumsi lebih dari 5 apel dalam seminggu berfungsi lebih baik dari paru-paru mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsi apel.
    4. Jeruk Nipis
    Air jeruk nipis mampu menurunkan kadar nikotin hingga 70,65. Namun air jeruk nipis disini hanya alat bantu untuk dapat berhenti merokok.
    5. Air Putih
    Air putih akan membantu untuk mengeluarkan racun dan nikotin yang telah terakumulasi dalam tubuh Anda setelah bertahun-tahun merokok.

Mari kita memperingatkan orang-orang di sekitar kita agar berhenti merokok. Merokok memiliki banyak bahaya bagi kesehatan. Selain itu, merokok juga menghabiskan uang dengan sia-sia. Sayangilah keluarga kita dengan menjaga kesehatan mereka. Kesehatan adalah investasi kehidupan yang tak tergantikan. Salam sehat!
Share this article :

16 comments:

  1. @ihzone: Hmm, sebagian sih mas orang yang sudah ketagihan ngerokok itu merasa ada yang kurang aja kalo gk ngerokok sehari itu kang . .

    Happy Blogging :mewek:

    BalasHapus
  2. Wah ngeri ya kalau tahu zat2 yang terkandung dalam rokok dan semuanya sangat berbahaya bagi yang aktif maupun yang pasif,,,

    Nice post sobat, sangat bermanfaat ,,,

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  3. hhhmmmm.....basmi para perokok biar indonesia jadi lebih sehat,,hehehe :)

    BalasHapus
  4. Hkhkh
    Sama coy gw jgk gk ngerokok. mubazir bgt. mending buat blik goreng pisang ama donat :D owkowkowk

    :ngakak:

    BalasHapus
  5. saya juga seorang perokok bang.emang bener apa yang di katakan disini

    BalasHapus
  6. @Chenkgelate Profil

    iya bang.. emang si udah ada niat.. insya allah ni tahun ini stop..


    Oya bang.. kok gak bisa ya saya coment di blogmaker nya abang..

    BalasHapus
  7. @nabil balwellMantab sobb . .
    asalkan ada niat pasty bisa sob :)

    bisa kog sob. komentar sobat sudah muncul :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ni bang.. kok gak ada tombol hapus nya ya..

      ok coba nanti saya cari tau..

      mungkin abang perlu merubah javascript nya aja..

      oy custom redirect nya gimana.. tanks ya jadi terinspirasi buat bikin tutor..

      Hapus
    2. 1 lagi tambahan/// selamat udah di aprove di idblognetwrok

      Hapus
    3. ya itu lah dk. bingung nih kog gk ada tombol balas nya . .

      ow ya tuh udah bisa domain yang kmren cobak di cek design toko online nya saya :)

      Sama dk :)

      Hapus
  8. www.satriaciptadedido.com itu tampilan nya bening banget bang !! kalo boleh tau ini pake wordpress apa blogger ..

    ciri khas template nye nunjukin chenkgelate.com banget .. saya kasi nilai 80 untuk wordpress, tapi kalo ini pake blogger sungguh prefet 99.

    teruslah berkarya bang, tambahkan deplover template dan programer template indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hkhkhk
      ketipu ya sob ???
      itu mah masih platform dari blogger sob. hehehe

      makasih sob penilaiannya. soalnya kalo WP masih agak2 buntu saya sob :)

      Hapus
  9. wah serem juga ya bagi perokok yang pasif.. ane harus mengurangi dikit demi sedikit kalau gitu. thank sudah dishare,, happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih kang. pdahal yg merokok bukan kita tapi malah yg pasif yg lebih berbahaya nya kang :)

      Hapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Chenkgelate - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger